Lembaga Pusat Layanan Karir – Pusat Layanan Karir STMIK saat ini sedang melaksanakan upaya untuk terus memperbaiki data tracerstudy khususnya mengenai transisi dan posisi pekerjaan lulusan.

Untuk itu sejak tahun 2019 telah dikembangkan suatu system online yang dapat digunakan oleh kampus untuk melacak aktivitas para lulusannya setelah masa pendidikan tinggi, baik masa transisi maupun pergerakan mereka di dunia kerja .

Tracer study dinilai penting karena menjadi alat evaluasi kinerja PT dan sekarang telah dijadikan salah satu syarat kelengkapan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sebagai kelengkapan dalam dokumen evaluasi diri yang diperlukan dalam pengajuan proposal melalui Kemdikbud.

Tujuan Tracer Study

Tracer study online ditujukan untuk melacak jejak lulusan/alumni yang dilakukan setelah lulus dan bertujuan untuk mengetahui:

  1. Outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja (termasuk masa tunggu kerja dan proses pencarian kerja pertama), situasi kerja terakhir, dan aplikasi kompetensi di dunia kerja.
  2. Output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi.
  3. Proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi.

Hasil tracer study akan membantu PT dalam mengetahui posisi lulusan yang telah terserap dalam dunia kerja serta menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan di dunia kerja. Hasil tracer study yang kemudian dilaporkan ke Dikti akan membantu program Pemerintah dalam rangkan memetakan kebutuhan dunia kerja dengan pembangunan pendidikan di Indonesia.

Tracer Studiy STMIK Royal

STMIK Royal menyediakan fasilitas pendukung system Tracer Study dan System Tracer Study Online melalui laman yang beralamat http://tracer.stmikroyal.ac.id/

Sistem ini menyimpan daftar akun administrator tracer study. User atau pengguna (alumni) dapat masuk menggunakan akun SIAKD masing-masing. Pusat Layanan Karir bertindak sebagai operator dalam melakukan pemantauan.

Fasilitas Pendukung

Fasilitas pendukung yang disediakan bagi user atau pengguna untuk melakukan tracer study:

  1. Melihat isi pertanyaan tracer study
  2. Mengisi hasil tracer study secara online

Fasilitas pendukung yang disediakan bagi adiministrator tracer study:

  1. Memperbaiki data mahasiswa/alumni
  2. Melihat isi pertanyaan tracer study
  3. Melihat rekapitulasi pengisian tracer study
  4. Mengunduh hasil pengisian tracer study

System Tracer Study Online

Berikut ini adalah halaman depan pada laman http://tracer.stmikroyal.ac.id.

Pengelola tracer study (admin) yang memiliki akun dapat masuk ke halaman utama tracer study, sedangkan untuk pengguna (alumni) dapat masuk melalui akun SIAKD masing-masing.

Berikut adalah menu login yang dapat digunakan baik untuk user/pengguna (alumni) ataupun admin/pengelola itu sendiri.

Setelah user /pengguna (alumni)  berhasil login, maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini.

Untuk pengisian data awal user/pengguna diharuskan mengisi data diri seperti Nama, NIM, NIK, NPWP, E-mail, No Telp, Kode prodi dan tahun lulus.

Setelah berhasil melakukan pengisian data diri, pengguna (alumni) diharuskan mengisi form penilaian metode pembelajaran di program studi mereka masing-masing semasa masih menjadi mahasiswa.

Selanjutnya pengguna (alumni) diberikan beberapa pertanyaan mengenai status dia saat ini dan waktu mencari pekerjaan dan sumber dana pembiayaan kuliah.

Selanjutnya pengguna (alumni) diberikan beberapa pertanyaan mengenai status dia saat ini dan waktu mencari pekerjaan dan sumber dana pembiayaan kuliah.

Kemudian ada pertanyaan yang ditujukan untuk mengetahui jenis pekerjaan, lokasi dan pendapatan.

Di form kuisioner berikutnya  menanyakan status apabila berwiraswasta lalu kesesuaian bidang studi dengan pekerjaan.

Pada form pertanyaan dibawah ini menanyakan keaktifakan alumni dalam mencari pekerjaan

Dan form akhir kuisioner menanyakan tingkat penguasaan mahasiswa ketika sudah menjadi alumni dan penguasaan kompetensi di dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *